SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 162 pengikut lainnya.

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Variasi Style Untuk Mengiringi Lagu

Posted by Antoni Pasaribu pada 11 Januari 2009


Setiap style yg ada di keyboard Anda, biasanya di sediakan berbagai variasi (main). Pada keyboard zaman sekarang biasanya ada 4 variasi untuk 1 style.
Yang kita bicarakan adalah style preset(bawaan keyboard) yg umum.
4 variasi tersebut umumnya udah di set sedemikian rupa untuk berbagai lagu yg standart.
Untuk style POP biasanya gini :
VARIASI 1 = agak sepi, tidak terlalu banyak isian. Biasanya di dominasi oleh rhytim solo piano atau gitar akustik.
VARIASI 2 = mulai agak rame, biasanya pola drum udah mulai bunyi.
VARIASI 3 = Semua bagian drum, bass dan accomp udah mulai rame. Semuanya bunyi.
VARIASI 4 = Yang paling rame, drum biasanya udah mulai pake Ride Cymbal (cymbal yg bunyinya ting-ting-ting).

Nah, gimana cara menggunakannya untuk iringan lagu2 pop Anda? Khususnya lagu2 tembang kenangan yg polanya (INTRO)-BAIT 1-BAIT 2-REFF-(INTELUDE)-BAIT 2-REFF 2 kali-ENDING.

Secara sederhana begini.
Untuk MELODI INTRO LAGU, pakailah Variasi 4 yg super rame itu. Ini lumayan untuk menarik perhatian pendengar dan mempermudah penyanyi untuk menyesuaikan Tone/nada dasar suaranya.
Pas masuk ke lagu, pakailah VARIASI 1 yg agak sepi, ini memberi kesempatan untuk penyanyi memamerkan suaranya tanpa terlalu banyak iringan musik yg mengganggu. Nah pada bagian ini biasanya penyanyi dapat tepuk tangan:-) jadi, kasi kesempatan penyanyi dan penonton saling berinteraksi.
Pas masuk ke bait 2, gunakan VARIASI 2. pada bait 2, umumnya mirip2 dgn bait 1, jadi memindahkan ke variasi 2 yg lebih rame, bisa menaikkan mood agar ga terlalu membosankan.
Pada bagian REFFREIN, gunakan VARIASI 3 yg lebih padat. Di bagian ini, kadang2 penyanyi suka ngimprov sesukanya. Jadi variasi 3 yg lebih rame ini memang tepat.
VARIASI 4 di gunakan saat INTERLUDE/INTRO TENGAH. ini bs bikin interlude yg anda mainkan jd makin padat.
Kembali ke VARIASI 2 untuk Bait 2.
Nah pada REFF, tetap pake VARIASI 3.
Untuk REFF yg kedua kali, pake VARIASI 4.
Pada ending ada 2 kebiasaan, yg pertama, penyanyi bablas aja ngakhirin lagunya sesuai ketukan, untuk yg ini, langsung aja tekan tombol ENDING.
Kebiasaan yg kedua, penyanyi manjangin bagian terakhir lagunya sesuka hati dan minta musik di stop sejenak. Untuk kasus ini, umumnya pemain keyboard akan kembali membunyikan musik TEPAT PADA SUKU KATA TERAKHIR. Tapi kl kebiasaan saya, saya akan biarkan musik berhenti sampai penyanyi MENYELESAIKAN lagunya. Malah kadang2 musik ga akan saya bunyikan sampai penonton mulai bertepuk tangan:-) lumayan seru pada bagian ini, penyanyi deg2an, dan penonton melotot ke panggung. Pas ada tepuk tangan, baru saya bunyiin ending musiknya:-) tapi jangan terlalu sering pake cara ini, bs membosankan. Saya pake cara ini untuk penyanyi utama atau orang2 penting di acara tersebut.

Kesimpulan:
sesuaikan variasi2 style untuk tiap bagian lagu. Sebisa mungkin buat musik iringan berprogress naik sampai ke klimaks ending lagu.
Ini cuma penjelasan umum, dan sesuai dgn style preset berbagai macam keyboard.
Untuk style creator, susunlah style buatan Anda (khususnya Pop) berurutan seperti yg saya jelaskan di atas. Karna bs mempermudah bagi pengguna awam sekalipun.
Lagi2, ini cuma sharing, mudah2an bs menambah referensi cara Anda mengiringi lagu.

Salam

ANTONI PASARIBU

4 Tanggapan to “Variasi Style Untuk Mengiringi Lagu”

  1. Haris said

    Ass… met pagi Bg Antony

    Tiap ada kesempetan online saya mampir di kamar bung. . .
    saya banyak belajar sedikit2 (soalnya gratis he he) kalo sekolah kan dah tua malu. . . .

    Kalo bung berkenan kasih dong contoh style pop kaya lagu om Pance dari intro var1-end, sama itu tu kalo baru buka lagu di intro orang bilang nge rall….

    nah itu yang saya mau tau tehniknya, khan enak tu kaya lagu2 mba Rita Sugiarto diintro banyak piano sama stringnya.. . .
    kapan mau dibikin artikelnya. .. . .

    Sukses !!! TQ

  2. Terima kasih,pak udah mampir di kamar sederhana ini:-)
    tadinya saya berpikir untuk melengkapi contoh lagu di artikel ini, tp saya pending dulu, kita anggap aja ini untuk mengawali perkenalan kita dgn variasi2 style. Ke depannya, akan saya bikin contoh2 lagunya.
    Sama halnya dengan RALL, saya udah rencanakan untuk menulis cara mengiringi lagu mulai dr yg paling sederhana sampai yg ribet (sebatas yg saya tau), utuh dari awal/intro sampai ending. Jadi di doakan aja,pak. Biar saya sehat2 untuk terus menulis disini:-)
    ngomong2, keybnya apa,pak?

  3. Haris said

    TQ bgd bg Antony saya akan menunggu kucuran ilmunya. . . .

    saolnya nih saya lebih banyak dituntut main nya dari pada disuruh belajarnya ( ngga ada dkngan dana red) jadi ya kudu cari sendiri. . . cape deeehh . Untung ada blog anda saya bisa belajar step by step tapi ga sampe step hehe he.

    ok 1 x lagi TQ bg.!!

  4. to pak Harris

    sama nih,pak. Saya jg D.O kuliah, krn keterbatasan ekonomi,pak:-)
    saya jg ngblog disini bukan krn udah punya dana lebih, tapi krn kebetulan aja hape butut ini udah bs internet. Jadi enak, lg tiduran, ngetik artikel, balas2 email,dll:-)
    di tunggu aja artikelnya,pak. Sekarang kita awali dulu dgn artikel2 mengenai bagian2 keyboard yg bs membantu permainan musik kita.
    Kl ada yg kurang tepat di artikel2 saya, tolong di koreksi ya,pak.
    Salam

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 162 pengikut lainnya.

