SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

RANTAK KUDO MODERN

Posted by Antoni Pasaribu pada 26 Oktober 2008


Sebelumnya, silahkan download lagu rakyat Kerinci yang telah saya arransemen ulang dengan sentuhan lebih modern. Klik : Rantak Kudo Modern by Antoni Pasaribu

Beberapa hari yang lalu saya di datangi beberapa orang yang merupakan anggota salah satu band anak muda di Kerinci. Mereka ingin berdiskusi tentang lagu-lagu yang telah mereka ciptakan.

Setelah mendengar demo lagu mereka, saya katakan “biasa aja”, he…he..he.. emang pahit buat yang punya lagu, tapi setidaknya saya memberikan pendapat objektif tentang lagu mereka.

Lagu mereka saya kategorikan “biasa aja” itu karena : ga punya khas, mengikuti trend musik band-band ternama beberapa tahun ke belakang. Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan kekurangan lagu mereka yang telah saya sampaikan kepada band itu. Tapi yang paling fatal buat saya pribadi ya yang dua itu, ga punya khas, dan cenderung ikut-ikutan trend.

Setelah lama berdiskusi mencari bentuk musik yang baru buat mereka, tercetus ide saya untuk mereka, “kenapa tidak menggarap lagu-lagu daerah aja?” mereka kontan langsung tertawa dengan saran saya itu. Lah, mereka kira saya bercanda dengan saran saya itu. Walaupun setelah saya beri contoh nama-nama artis besar seperti Krakatau, Balawan, Dewa Budjana dan banyak nama musisi ternama yang saya sebutkan, mereka tetap tertawa karena mengira mana mungkin musik tradisi Kerinci di arransir biar jadi bagus dalam format band. Lalu saya bilang aja : selama masih ada suara/bunyinya, pasti bisa di arransir ke bentuk lain.

Mereka tetap aja tertawa dengan ide dan penjelasan saya itu. Walaupun dengan sedikit perasaan kesal, saya tetap berusaha mempengaruhi pikiran mereka untuk mencoba menggarap lagu daerah. Mengingat mereka rekaman bukan untuk komersil, melainkan untuk kepuasan pribadi semata, jadi tidak ada resiko mereka mencoba menggarap lagu daerah disamping lagu mereka sendiri.

Lalu saya perdengarkan kepada mereka jingle/theme song Solfegio Studio (lihat di halaman Download) yang tema lagunya saya ambil dari lagu rakyat Kerinci. Walaupun ada kesan bahwa mereka tertarik dengan arransemen jingle tersebut, tapi mereka tetap saja berkilah “kan itu techno,Ton. Bukan format band”. Walah, saya sedikit geli dengan tanggapan mereka itu, lalu lewat keyboard dengan part piano saya coba “bedah” beberapa lagu rakyat Kerinci ke bentuk lain yang sekiranya bisa untuk format band jenis musik mereka (alternatif). Sepertinya mereka mulai tertarik, dan obrolan kami berlanjut dengan diskusi panjang mengenai lagu daerah.

Setelah diskusi selesai dan mereka pulang, saya langsung kepikiran mo nyoba ngaransemen ulang lagu rakyat Kerinci, kebetulan saat itu lagi nyantai.

Tidak tau, salah satu lagu yang biasa di bawakan pada kesenian rakyat Rantak Kudo langsung terlintas di benak saya. Dan langsung saja saya coba main-mainin chord, isi beberapa part, dan setelah kurang dari satu jam, hasilnya bisa Anda dengar di Rantak Kudo Modern by Antoni Pasaribu

Saya bukan mau bilang arransemen saya gimana kualitasnya, tapi dengan durasi 1 menit 30 detik ini, saya cuma sekedar membuktikan pada kepada rekan-rekan (yang mungkin memiliki pendapat yang sama dengan teman-teman band yang saya ceritakan diatas) bahwa lagu Kerinci terlebih lagu rakyat (tale lama) sekalipun berpeluang di arransemen ke bentuk lain.

Arransemen tersebut saya tambahi part strings sederhana, dan beberapa part brass section, dan tetap memasukan perkusi Wood Block yang merupakan salah satu instrument perkusif pokok di musik tradisional Kerinci

Merusak? Saya rasa tidak, karena ini lebih ke arah mengembangkan, sama halnya ketika kesenian Rantak Kudo di aplikasikan dengan iringan organ tunggal, yang malah cenderung mengarah ke house musik.

Sekali lagi, arransemen saya tersebut, sekedar tambahan wacana aja bagi rekan-rekan, khususnya sesama musisi Kerinci. soal sound quality, arransemen tersebut hanya saya buat dengan satu keyboard direct ke converter dan tanpa mixing dan mastering. Sekali lagi, ini hanya wacana tambahan aja J

Untuk sejarah, perkembangan dan hal-hal yang menyangkut kesenian tradisional Rantak Kudo (ntak kudo) Kerinci, belum bisa saya post, karena saya masih belum mendapatkan sumber yang fix, masih ada kerancuan daerah asal mula kesenian tradisional ini, karena di beberapa daerah ada beberapa perbedaan khususnya di bagian assambel perkusinya.

Download lagu rakyat Kerinci yang telah saya arransemen ulang dengan sentuhan lebih modern. Klik : Rantak Kudo Modern by Antoni Pasaribu

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
TERIMA KASIH

ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com

www.solfegio.wordpress.com

10 Tanggapan to “RANTAK KUDO MODERN”

  1. fadly ali said

    Hasilnya bagus.

    terima kasih,pak. Udah mendengarkan dan memberi komentar

  2. RoNz said

    Rantak kudo modernnya bagus banget. Dikombinasikan dengan beberapa instrumen orkestra ya? Teknik drumnya sip banget, bass slidenya wow.. Seperti real.. Pengisian pianonya mantap.. Perpindahan Chordnya apalagi..
    Kalo akordionnya dibikin kaya melayu gimana ya?

    he..He..Thanx bro udah mendengar dan memberi komentar.
    Overall,itu lah sound Roland E-50:-) maknyus ga?
    Semua pengisian aku bikin semanusiawi mungkin. Tambah dikit orkestrasi sederhana.
    Akordion itu asal ngisi aja,bro:-) bingung mo isi pake instrument apa. Itu cm skdar guide waktu ngisi yg lain.
    Thanx atas komentarnya. Ntar kapan2 kita ngjamz bongkar2 tale lamo yo:-)

  3. […] Sekalian ini ada barang lama, silahkan di klik : RANTAK KUDO MODERN […]

  4. adit said

    bahaya bang,,

    inget masa2 drcanda ama teman2 di kampoeng, gara-gara dengar musik kanti ae…

    masa lampau ga akan pernah akan terjadi lagi, so sbagai kenangan aja..

    SUKSES AJA BANG
    Kembalikan ingatan orang2 tua pada lagu kerinci ke tempo dulu

  5. RoNz said

    Masa lampau akan menjadi pengalaman untuk membuat masa depan menjadi lebih baik..

  6. to ADIT
    koq Bahayo,dit? He..He..
    Ini cuma iseng aja,dit. Kl lg jenuh ngerjain lagu orang, yah beralih ke lagu jadul skitar 1-2jam, biar fresh waktu lanjutin kerjaan orang itu.
    Salam sukses jg buat Adit.

    to RONZ
    harus kayak liat spion,bro:-) kita selalu lihat ke depan, sesekali lihat ke belakang lewat spion, supaya jalan kita ke depan lancar:-)

  7. mamas86 said

    Langsung download… Ayo terus maju lagu Jambi…!!!

  8. to Mamas
    Silahkan di download,bang😀 maju terus…..

  9. […] Ini udah lama saya bikin, terinspirasi dari sebuah lagu tradisional daerah Kerinci, yang kemudian sedikit saya arransemen ke arah modern. Untuk membaca artikelnya, klik DISINI […]

  10. lebdra said

    u r so nice…good sound, good job…good luck bang….

    lagunyo bagus…

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: