SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Chord

Posted by Antoni Pasaribu pada 9 November 2008


http://blog.solfegio.com/chord/

5 Tanggapan to “Chord”

  1. RoNz said

    Artikelnya top abis.. Referensi yang sangat bagus sekali nich..
    _____
    Thanx bro. Semoga bermanfaat

  2. Andika said

    wow keren. trims atas artikelnya.
    Maju terus,bung.

    —————————–
    your welcome, bung Andika. semoga bermanfaat

  3. dey said

    hebat…
    kenapa tidak diteruskan dengan chord 11 dan 13 serta penjelasan untuk chord 5+7 atau 9+11 dan bentukan variatif lainnya?
    saya yakin akan banyak yang membutuhkan penjelasannya…
    salut…

    trima kasih,pak. Saya cuma berbagi sedikit yg saya tau.
    Untuk variasi pengembangan yg lbh luas, mungkin sebaiknya di pending bbrp saat dulu,pak. Takutnya jadi bikin pusing rekan2 yg baru belajar:-)
    saya mengantisipasi agar blog ini tidak terkesan exclusiv untuk membahas teori2 ‘tinggi’ bagi musisi yg udah menguasai teori dasar.
    Jadi semuanya saya tulis step by step dr yg paling sederhana. Lagian saya jg blm terlalu banyak tau soal musik.
    Chord2 yg bapak maksud di atas, suatu saat akan saya bahas. Mungkin dlm tips seputar improvisasi jazz.
    Terima kasih atas dukungan dan kunjungannya,pak.
    Salam

  4. Terima kasih telah mengunjungi blog saya (Add di blog roll ya! :D)

    Cuma mau menambahkan tentang ini:
    ==================================
    Untuk chord dengan angka 7 (tujuh) ada dua macam :
    1. jika di awali dengan huruf M (huruf besar), berarti nada ke-7 dalam tangga nada Mayor chord tersebut, misalnya chord CM7, berarti penambahan nada ke-7 dalam tangga nada C mayor yaitu nada/not B.
    2. Sedangkan angka 7 tanpa di awali huruf M besar, berarti nada ke-7 di turunkan setengah (mol) dari tangga nada mayor chord tersebut. misal chord C7, nada ketujuhnya adalah B. lalu B diturunkan setengah (mol) menjadi BES (Bb). Berarti C7 adalah C – E – G – Bes. Begitu seterusnya untuk semua chord.
    =====================================

    Setau saya, itu juga berlaku untuk chord 9 (chord 11 juga, chord 13 juga, dll) seperti yang Anda bahas sebelumnya, jadi untuk chord C9 = C – E – G – Bes – D’, dan biasanya penempatan nada ke-x (dalam hal ini nada ke-9) biasanya dibunyikan pada nada terakhir (tertinggi), di situ baru terdengar ciri khas dari chordnya.

    Salam,
    Andry
    http://andryongkinata.wordpress.com

    terima kasih koreksinya,pak.
    Sengaja saya cm jelaskan chord M7 dan 7 saja, krn mungkin itu yg paling sering ditemukan pemain awam sekalipun.
    Chord C9 lbh jelas di nada terakhir emang betul,pak. Tp ada pola inversi yg bs dilakukan tanpa merubah rootnya. Misal C9 menjadi C-D-E-G atau pd gitar di fret 1 mulai dr senar 5 C-E-G-D-E
    inversi spt itu msh sah, dan tidak sll hrs di nada tertinggi/terakhir, misal pd harmoni string section, tidak harus ciri khas chord 9 di mainkan seksi Violin 1, tp bs jg digantikan oleh violin2, viola atau cello.
    Mohon koreksi.
    Terima kasih udah exchange linknya,pak.
    Salam musik

  5. Ok, mungkin sekedar untuk share ilmu saja… Berhubung saya org teknik jadi rada suka matematik :p (silahkan liat blog saya), menurut saya secara umum chord dibagi ke dalam 4 kategori (chord dasar) dan terdapat persamaan untuk dapat memperoleh chord tersebut. Silahkan lihat di http://andryongkinata.wordpress.com/2008/02/29/pengenalan-akord/#more-55

    Semoga bermanfaat!
    Salam musik,
    Andry
    http://andryongkinata.wordpress.com

    artikel yg bpk link tsb, kebetulan udah saya baca dan bbrp artikel lain jg:-)
    stlah baca2 artikel bpk, saya batalkan niat saya menulis artikel musik menurut fisika:-) bisa dibaca di artikel GARPUTALA, blm saya jelaskan knp nada A=440hz. Artikel Tangga Nada jg blm saya jelaskan knp cm ada 12 nada:-) dan ada rencana menulis tentang equalizer, bgmn bs dapat angka2 di kanal2 eq tsb.
    tadinya saya pending, krn takut ntar yg baru mulai blajar, jd mumet liat angka2..He..He..He..
    Tp kl ntar ada yg nanya, saya rekomen aja ke blog bpk:-)
    pola dasar yg 4 macam tsb, betul sekali,pak. Tp dlm harmoni, pola2 tsb sbagian besar bs di bolak-balik/invert

    terima kasih atas masukannya.
    Salam musik

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: