SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

TANGGAPAN EMAIL DARI SAYA (2)

Posted by Antoni Pasaribu pada 9 November 2008


Melanjutkan menanggapi beberapa email dan sms yang ditujukan kepada saya.

1. Biografinya mana?

Saya rasa ga ada yang perlu diceritakan tentang saya, melalui web blog ini saya cuma berbagi sedikit ilmu dan pengalaman yang saya punya:-) dan bertukar pandangan serta pengetahuan dari para senior dan rekan-rekan lainnya. Kalau sekedar foto, bisa Anda lihat di friendster saya (www.friendster.com/solfegio)

2. Keyboard apa yang paling ideal untuk aplikasi organ tunggal?

Untuk masalah teknologi, dalam web blog ini, saya akan mengusahakan untuk tidak mengunggulkan sebuah merk atau tipe apapun. Karena memang tidak ada teknologi yang sempurna. Sejauh pengalaman saya mencoba dan mendalami berbagai merk dan tipe keyboard, memang tidak ada yang sempurna. Kalau yang ideal, ya tergantung penguasaan dan kebutuhan bermusik kita masing-masing. Yang pasti, jangan pernah terbuai dengan isu bahwa merk A yang paling canggih, paling gampang dan paling fleksibel. Saya sarankan, buktikan sendiri dengan mencoba berbagai merk dan tipe keyboard. Kurang etis rasanya kalau kita mengatakan merk A paling canggih dan paling sempurna, sedangkan kita ga pernah mencoba sendiri merk dan tipe lain. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah keyboard terlebih untuk aplikasi organ tunggal, saya sarankan Anda melakukan banyak survey terlebih dahulu, jangan sampai Anda membuang banyak uang dengan membeli sebuah keyboard yang mahal, sedangkan seluruh fiturnya tidak Anda butuhkan. (lebih lanjut saya ulas terpisah di artikel “Organ Tunggal”)

3. Bagaimana cara cracking atau mendelete password pada file Technics KN?

Ini berawal dari keisengan saya posting di blog rekan saya Feelcomz, saya posting mengenai cara crack dan delete password beberapa tipe Technics KN. Seiring dengan itu pula saya dapat banyak telpon dan email yang menanyakan trik ini lebih jauh. Maaf, secara tegas saya sampaikan, posting trik tersebut saya maksudkan untuk EDUKASI. Yang mana file yang di crack tersebut bermaksud agar dapat Anda kembangkan atau dipelajari lebih jauh, bukan untuk hobi mengumpulkan dan mengganti password berbagai file milik orang lain. Kebiasaan buruk selalu mengcopy file milk orang lain tanpa belajar untuk membuat sendiri, akan membuat Anda menjadi seorang player yang kurang kreatif dan ketergantungan pada file style/composer koleksi Anda. Saya sarankan agar Anda tidak seperti itu. Karena siapa tau, suatu saat Anda bertemu sebuah keyboard yang belum Anda kuasai dan Anda tidak diperkenankan membawa/mengganti keyboard. Nah profesionalisme anda sebagai independent player akan dinilai klien pada kondisi-kondisi seperti ini.

4. Apa Latar Belakang pembuatan web blog ini?

Sebagian ada yang berpendapat bahwa web blog ini fokus untuk promosi studio kami. Mungkin ada benarnya, tetapi jujur saya katakan, justru promosi ini hanya sekedar sampingan pelengkap saja. Saya lebih fokus berbagi artikel seputar sedikit pengetahuan yang saya miliki. Karena blog ini saya bangun karena hasil pembicaraan dengan teman-teman sesama musisi daerah yang mempunyai pengalaman mengikuti berbagai forum lokal maupun luar negeri tentang musik, audio dan video (maaf, saya tidak menyebutkan nama forum tersebut), teman-teman saya mengeluh karena sebagian besar forum-forum tersebut membahas hal-hal yang menurut mereka relatif terlalu tinggi dan sudah sangat pro, sehingga mereka sangat susah untuk mengikuti dan mempraktekkan ilmu dan informasi dari forum-forum tersebut. Dan masih sangat jarang yang membahas hal-hal musik, audio dan video untuk kalangan menengah ke bawah seperti organ tunggal, home entertainment dan pemula yang ingin mempelajari musik.

Dan awalnya blog ini saya dedikasikan untuk para rekan-rekan di daerah saya Kerinci – Jambi, dan saya cukup bersykur, ternyata banyak dikunjungi oleh rekan-rekan dari luar daerah.

5. Apakah kehidupan musisi selalu berhubungan dengan Miras dan Narkoba?

Sebenarnya saya agak enggan menjawab hal ini. Karena mungkin saja pada era-era terakhir banyak yang mengidentikan kehidupan dunia musik dekat dengan hal ini. Dan kalau boleh saya tampik sedikit, bahwa miras dan narkoba berdekatan dengan siapa saja dan bidang apa aja. Tergantung manusianya aja mau ikut terpengaruh atau tidak. Maaf, jika ada yang memiliki pendapat seperti ini, saya harap untuk melihat ke sisi manusianya, bukan ke musiknya:-) karena memang itu pilihan manusianya bukan karena musiknya. Justru menurut saya, bermain musik sama halnya dengan bidang pekerjaan lainnya, yang membutuhkan stamina yang fit dan pikiran yang fresh, dan saya pikir miras dan narkoba ga memberikan efek seperti itu..he…he… kalaupun ada yang bilang begitu, mungkin itu hanya kena gimmick dari sang penjual aja.wkwkkk…. Dan saya sendiri yang dibesarkan dari keluarga pemusik, dari kecil telah bermain musik dan pernah bermain musik di berbagai lingkungan ga pernah terlibat dengan kedua hal ini. Kalaupun ada kekurangan saya yaitu saya seorang perokok berat🙂 dan sekali lagi, merokok bukan kerena musiknya, tapi emang saya yang udah terpengaruh sejak di bangku sekolah hingga kecanduan sampe sekarang…he..he…he..

6. Siapa pemusik yang paling berpengaruh dalam musik saya?

Karena saya mendengar dan mencoba mempelajari secara otodidak seluruh jenis musik dari berbagai era, praktis saya punya banyak nama musisi yang mempengaruhi cara bermusik saya yang masih amatiran. Awalnya saya suka mencontek teknik permainan musisi kelas atas, tapi belakangan saya jenuh dan mulai mencari ciri khas sendiri. Dan sampai sekarang saya masih terus mencari karena sangat susah mencari ciri khas sendiri.

7. Apakah bisnis Audio Video seperti Solfegio Studio bisa menjamin kehidupan?

Sejauh ini, saya bisa katakan CUKUP, tidak lebih dan tidak kurang…he…he… tentunya dalam ukuran kebutuhan hidup saya. Bisnis seperti ini relatif sama dengan bisnis wirausaha lain, setiap bidang punya cara dan strategi masing-masing disamping investasi, keahlian dan finansial.

8. Apa keuntungan membuat web blog seperti ini?

Saya sendiri ga tau…he…he…he… secara materil saya lumayan banyak mengeluarkan biaya karna saya pengguna internet via GSM. Dari sisi waktu, juga banyak yang habis karna memanage blog ini. Dari segi bisnis? Justru klien saya sampai hari ini, sebagian besar bukan pengguna internet yang aktif. Tapi kalau di lihat dari kepuasan batin? Wuahhhh saya sangat puas terlebih jika ada responder tanya jawab, ada banyak tambahan ilmu dan wawasan yang saya dapat. Mengingat saya berada di daerah yang relatif agak ketinggalan informasi dibanding kota-kota besar lainnya, sehingga pemanfaatan dan optimalisasi jalur informasi dan edukasi via internet ini jadi alternatif yang paling efektif buat saya untuk berinteraksi dengan banyak orang dan mendapatkan ilmu lebih banyak

9. Minta Sequencer/song keyboard?

Maaf, pada web blog ini saya TIDAK AKAN PERNAH membagikan song/sequencer/midi. Kenapa? Karena membagikan sequencer/song, saya rasa hanya membuat seorang musisi menjadi “manja”, malas mempelajari lagu tersebut, dan ilmunya tidak akan pernah bertambah. Dia akan menjadi seorang musisi yang haus untuk mencari dan mengkoleksi berbagai sequencer/song, tanpa pernah mau belajar keras untuk membuat sendiri atau belajar mengiringi lagu tersebut secara manual. Maaf, saya pribadi, TIDAK PERNAH salut untuk player seperti ini. Saya pribadi lebih menghargai seorang player/musisi organ tunggal yang mengiringi sebuah lagu secara manual walaupun sesekali disertai beberapa kesalahan di banding player yang mengandalkan sequencer, song atau MP3 (KN7k, E-80, dll). Inilah salah satu yang memotivasi saya menetapkan artikel-artikel dalam blog ini, saya lebih suka membagikan sedikit pengetahuan yang saya punya agar seluruh musisi mau belajar dari nol dan mengembangkan diri daripada ketergantungan dengan song/sequencer/midi.

10. Apa tips untuk yang baru belajar musik?

Saya rasa saya kurang berkompeten untuk memberikan tips ini, karena saya sendiri juga masih belajar. Tapi cara saya sendiri adalah : BANYAK BELAJAR, BANYAK MENDENGAR, BANYAK MEMBACA, BANYAK BERTANYA, BANYAK BERTEMAN DENGAN MUSISI LAIN, JANGAN PERNAH CEPAT PUAS DAN JANGAN PERNAH MERASA DIRI KITA SUDAH PANDAI.

Untuk pertanyaan-pertanyaan berulang lainnya akan saya jawab di kemudian hari.


TERIMA KASIH

ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com

www.solfegio.wordpress.com

Satu Tanggapan to “TANGGAPAN EMAIL DARI SAYA (2)”

  1. mohon maaf mas solfegio,…blog ini tentang apa ya temanya ?

    http://www.frisinside.co.cc

    udah saya jawab di blog Anda. kl lihat judul2 artikel kami, mungkin udah bs di tebak apa yg kami ulas disini:-)
    Thanx udah walking kesini

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
