SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Improvisasi Piano

Posted by Antoni Pasaribu pada 9 Desember 2008


http://blog.solfegio.com/improvisasi-piano

10 Tanggapan to “Improvisasi Piano”

  1. Subagyo said

    saudaraku pak antoni
    pertama2 kami haturkan trimakasih yang sebesar2nya,atas artikelnya, namun VIDEOnya juga saya tunggu …& jgn bosan pasti akan ada pertanyaan2 lg dari saya pak.Betul sekali pak, yang trpenting adalah SHARING & BERBAGI TRIK, ttg pengembangan, kita kembangkan sendiri.Sekedar melengkapi identitas saya pak:Saya guru kesenian tingkat SMP, basic akademis saya SENI LUKIS,untuk seni musik saya otodidak,jadi saya lebih sebagai Pelukis, jadi andai foto bapak tampil disini bisa saya lukis ….heee,skali lagi terimakasih & salam persaudaraan

    terima kasih kembali,pak.
    Untuk video, memang sudah banyak yg pengen saya share, krn lewat video, bs lbh efektif untuk menyampaikan sbuah tips n trik.
    Tp krn koneksi internet saya yg menggunakan gprs telkomsel simpati, lumayan susah u/ upload data besar dan mahal pulsanya,pak:-)
    semua pertanyaan yg masuk, akan saya jawab semampu saya.
    Wah, wajah saya ga pantas di lukis,pak. Bs jd tambah hancur tampang saya:-) silakan bapak liat contoh wajah hancur di halaman profil web ini:-)
    tapi kl memang bapak berkenan, boleh donk saya di designkan logo SOLFEGIO yg minimalis tp elegan:-)
    oya, bapak bs panggil nama saya aja, krn saya msh 25 thn & blm menikah.
    Salam

  2. Subagyo said

    tanpa mengurangi rasa hormat, emang lebih enak kalo kupanggil dik antoni aja , karena usia sy 39 tahun, anak 2…Betul, saya udah lihat foto antoni, penilaian saya kalo dibanding dengan profil saya yaa gantengan saya dikitlah…..(kata saya LHO)…
    Untuk logo SOLFEGIO, ya gakjanjideh, kalo sempat saya coba rancangkan, tp maaf, sy kurang menguasai Multi Media, jadi paling nanti andai buat dlm bentuk gambar JPG, oke?

    okeee,pak:-)

  3. RoNz said

    Apakah buat belajar main Piano butuh jari yang normal?

    Soalnya jari tengah tangan kiri saya udah ga normal lagi karena mengalami patah tulang, jari tengah saya jadi lebih pendek dari jari manis. Masih bisa digerakin, tp jarak antara jari tangan kiri agak sempit. Agak menyulitkan ketika bermain bass piano dengan pola C – G – C apalagi C – E – G – C. Masih terasa sakit jika main dengan pola ke-2, padahal udah 1 tahun lebih kecelakaan.

    idealnya sih memang harus dgn jari yg sempurna, TAPI….ada banyak cerita inspirasional tentang ini, salah satunya ada cewek jepang/korea yg lahir dgn tangan tak sempurna, jari2nya benar2 ga sempurna, tp dia bs memainkan lagu2 klasik tanpa kesalahan. So, keep learning n good luck

  4. Deri_musiK said

    Bg anton aq mo minta pendapat jg tentang keadaan jari.
    Jari2 saya di banding org2 agak sdkit pendek,jri telunjuk saya aj cuma 7 cm,nah klo di buat utk main piano classic bermasalah gak bg? Trus klo saya main di tuts Roland jari saya cpt capek,klo saya mau main lagu2 minang yg pake bansi saya lebih memilih main di Yamaha atau KN, yg ingn aq tanyakan gmna melatih jari biar +kuat?? Oh y bg aq punya cerita lucu,kmren saya main 2hari 2 mlm berturut2 hny di batasi mandi n mkn aj,bsokny tangan saya bengkak.. He..he..he..:-D

    jari bengkak=honor bengkak:-)
    idealnya sih,emang enaknya jari kita ky jari bule, panjang, besar & kuat:-)
    tapi…Lihat di tempat2 les musik, anak2 aja dah main piano klasik, dan jari mereka blm 7cm tu:-)
    jari yg cepat cape, salah satu penyebabnya adalah fingering kita yg salah/tidak beraturan. Silahkan baca artikel LATIHAN PENJARIAN PIANO/KEYBOARD. latihan fingering keliatannya sepele, tapi kl di coba, bs sangat susah. Dengan latihan fingering yg benar, power dan posisi setiap jari akan lebih efisien. Tipis sekali kemungkinan jari akan terlihat terpaksa ketika menekan tuts.
    Salah satu cara latihan untuk power jari tsb adalah ikuti contoh pada artikel LATIHAN PENJARIAN tsb, lalu mainkan dlm tempo dan dinamik yg bervariasi. Mulai dr pianosimo sampai fortesimo. Ingat, atur sensitivitas tuts keyb ke angka yg paling besar/sensitif.
    Semoga membantu dan tidak bikin jari bengkak lg:-)
    salam sukses

  5. Sekedar menambahkan, klo ga salah untuk teknik improvisasi/pengembangan pada tangan kiri ada yang namanya “broken chord”. Pernah dengar? Contoh broken chord pada tangan kiri: misal untuk chord C gerakannya bisa 1-5-1′-2′-3′, bisa juga dikombinasikan dengan melakukan bloking akord pada tangan kiri. Semoga bermanfaat.

    salam musik,
    Andry Ongkinata
    http://andryongkinata.wordpress.com

  6. to pak Ongkinata
    terima kasih atas tambahannya,pak.
    ada sebuah lagu instrument piano lagu Kerinci yang saya buat untuk blog ini nantinya, menggunakan broken chord tersebut.
    dan sekaligus akan saya tambahkan tulisan2 sederhana untuk pelengkap, seperti pola blocking Slash, short slash, dll.
    terima kasih,pak
    salam sukses.

    Oya, saya sendiri ga begitu mahir di piano:-D

  7. hi bang anton..salam knl ne..gue sngt amat respect pd talenta nya.Gue org kerinci tepatnya tanjap mudik amat ingin belajar ama b.gue pernah belajar musik apapun jenisnya namun belum pernah berhasil jadi apapun.gue mau tetap belajar bantu gue dong.Secara gue skul di unp jur musik jg..slam kenal aja..n smoga sukses”Bravo!!!

  8. Salam kenal jg,bro.
    Sendratasik ya?
    Becanda tu, masa ga ada yg berhasil¿
    Hati2 bro, disini artikelnya ga pake teori2 baku, ntar jd kesasar… Hehehehe
    2 tahun ke blakang, saya jg ‘melirik’ daerah hilir, seperti tanjap skitarnya. Ternyata ada banyak talents yg slama ini, mungkin, blm ada wadah yg mengarahkan.
    Jadi, jujur aja, saya kagum sama talents yg saya temui di daerah2 tsb.
    Btw, blog ini sbnarnya hanya bercerita hal2 dasar aja, bro. Dan mungkin, kurang memuaskan buat yg udah tau dan ingin mendalami musik lbh jauh.
    Ini krn kapasitas saya yg hanya mengetahui sedikit aja soal musik dan lbh banyak bljr otodidak aja.

    Thanx udah jalan kesini.

    Salam sukses

  9. Benar banget tu gue skul di sndratask..
    Berdasarkan pengalaman slama ini b ya…yang belajar otodidak bermain lebih bgs ketimbang yang belajar pake guru.Lagian main musik sbnrnya dibutuhkan feeling yang bgs aja,teori sih nggak begitu pnting..
    Kalo hebat teori aja buat apa,tman2 gue disini rata2 teorinya standar aja tuh tapi mainnya lumayan….Tp gue termasuk raksasa teori jg sih,maux sih imbang teori n praktek…
    Kalo boleh tau apa sih kegiatan b anton di Kerinci..?bisa dong kalo sesekali kt “sharing exsperience”.soalnya kt bth teman yang satu mazhab kayak bang anton.soalnya di tanjap jarang ada yang ngerti musik…mknya kadang malas pulkam..slamat berkarya aja b ya!

  10. hmmm teknik yang ini si aku udah bisa trik menempatkan melodi pada posisi outer itu namanya Voicing, ada lagi ngak teknik lainnya? terutama yang buat tangan kiri. bosan juga kalo tangan kiri mainnya di 135 atau 151. aku mau variasi yang lainnya ada gak yah?

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
