SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Blues (Scale)

Posted by Antoni Pasaribu pada 29 Desember 2008


Udah sering saya dapat pertanyaan mengenai scale untuk musik Blues. Jadi, mumpung lagi ingat, saya coba jelaskan sedikit aja🙂

Scale blues hampir mirip-mirip dengan scale Rock n Roll. Scale ini sangat baik untuk di kuasai, karena bisa di pakai untuk improvisasi di banyak jenis musik lainnya.

Untuk Contoh, saya menggunakan nada dasar (tonic) C = do

Blues Scale

Blues Scale

Perhatikan pada gambar di atas :

Untuk nada dasar C = do adalah :

C – Eb – F – F# – G – Bb – C

Rumus Jarak (interval)nya adalah :

C – (1½ Nada) – Eb(1 Nada) – F – (½ Nada) – F#(½ Nada) – G – (1½ Nada) – Bb(1 Nada) – C

Atau di ingat aja, dari Tonic, rumusnya adalah

1 ½ 1½½1 ½1

Udah tau arti angka 1 dan 1/2 tersebut? Kalau belum, silahkan baca ulang artikel Teori 1|Tangga Nada

Chord Blues :

Ciri khas chord untuk Blues adalah chord 7, 6 dan 13.

Jadi untuk C = do, chord yang bisa di pakai adalah :

C7 – F7 – G7

C6 – F6 – G6 (untuk variasi chord)

C13 (untuk Ending)

Bagaimana menggunakan scale tersebut dalam sebuah lagu ?

He..he..he… ga usah bingung, selama chordnya masih pasangannya si C yaitu chord F dan G, mainkan aja scale blues tersebut sesuka hati.

Untuk Anda yang baru belajar, ingat aja scale tersebut, jangan dulu menyentuh tuts yang lain (yang tidak saya beri tanda titik merah).

Untuk latihan :

Cari style Blues di keyboard Anda (tempo 70 sampai 90). Gunakan sound piano atau clean guitar untuk melodi.

Mainkan chord :

| C | C7 | F | F | C | C | G | F7 | C | G (fill in) |

Satu tanda kurung | ….. | adalah 1 bar 4/4 (4ketuk)

________________________________

Selama chord sedang Anda mainkan di tangan kiri, coba mainkan melodi di tangan kanan dengan mengingat scale Blues yang saya jelaskan di atas.

Mulailah dalam 1 oktaf saja, lalu kembangkan sampai menggunakan 2 – 3 oktaf.

INGAT..!! jangan menekan tuts lain (yang tidak saya beri tanda titik merah).

Lakukan berulang-ulang, cari pola melodi sebebas mungkin, yang penting, nada-nada yang di tekan tetap dalam scale blues tersebut.

________________________________

Jadi, saya rasa udah cukup sampai disini untuk latihan dasar dan pengenalan scale blues.

Jika Anda telah menguasai scale tersebut, nantinya Anda akan bisa mengembangkan scale tersebut. Semua nada bisa di gunakan, dengan tetap menonjolkan 6 nada pokok scale blues tersebut.

Ini saya buatkan sample MIDI Blues Piano, dengan solo Piano. Silahkan di download :

BLUES PIANO Midi (zip)

_____________________________

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Salam

ANTONI PASARIBU

antonipasaribu@gmail.com

9 Tanggapan to “Blues (Scale)”

  1. Jaka said

    midi bluesnya apik…. mantap,mas.
    bikinin videonya donk mas, biar kita-kita bisa nyontek he..he.
    kalau not balok, belum bisa baca,mas.
    maturnuwun buat artikel ini. bisa nambah kemampuan main.

    he..He..Udah banyak yg minta tutorial berupa video. Tapi krn saya akses internet via gprs telkomsel, kayaknya blm bisa,mas. Ngeri pulsanya:-)
    keep learning

  2. reallylife said

    iya
    boleh belajar lebih dalam lagi khan???

  3. RoNz said

    Sample piano Bluesnya OK banget. Tapi sayang sekali agak kurang cocok sama artikel ini, soalnya sample pianonya buat advanced player tuh😀 Rada susah maininnya..😀 Bikin yang lebih mudah dunk..😀 biar kita-kita bisa belajar.. Thx..

  4. To Reallylife
    silahkan,pak:-)

    to Ronz
    sorry bro, midi tsb aku bikin untuk presentasi bebasnya scale tsb ke berbagai pola/kombinasi. Chord yg digunakan jg sesuai yg aku tulis, ada chord7 dan 6. Di ending pake c13:-)
    ntar abis tahun baru aku bikin midi yg lbh sederhana.

  5. Itu untuk scale minor blues ya? klo ga salah ada scale blues major (klo ga salah lho… :P). Untuk kategori, blues ada banyak kan? Ada chicago blues, ada … apa lagi ya? saya lupa😛

    Tambahan, untuk Ending bisa gunakan “altered chord”. Seperti yang di sample midi, pertama kali saya kira endingnya pake “altered chord”, ternyata menurut pengakuan menggunakan c13. Entahlah… Ok, balik lagi, altered chord itu (asumsi kita bermain di nada dasar 1 = C), maka altered chord untuk ending adalah D/C (tangan kanan mengurai chord D, sedangkan tangan kiri (bass) tetap di root (C)).

    Sekarang giliran saya minta info, saya minta penguraian arpegio blues yang ada di file midi tsb. Soalnya maennya cepet banget (keren :D). Klo berkenan tolong beri tahu saya mengenai arpegio blues yang digunakan (yang cepet itu lho di file midi). Trim’s

    Salam musik,
    Andry Ongkinata
    http://andryongkinata.wordpress.com

  6. Sorry klo komentar saya di atas salah (mengenai perkiraan saya untuk ending “altered chord” yg digunakan dalam file midi), ini berdasarkan pendengaran saya saja (maklum di tempat saya skrg tidak ada alat musik lg😦 ). Tetap berkarya!

  7. to pak Ongkinata
    Benar,pak. banyak sekali kategori Blues.
    belum nyampe ilmu saya kalo bahas satu persatu😀
    lagian di piano, saya lbh banyak otodidak, ga pernah blajar secara formal:-)
    terima kasih koreksinya,pak. Benar sekali itu altered. Kiri C, kanan D😀
    Arpeggio pada bar/menit berapa yg bapak maksudkan.
    Terima kasih atas komentarnya,pak. jk ada yg masih kurang tepat/salah, tolong di koreksi,pak.

    Salam Sukses

  8. Arpeggio di sekitar detik ke 47-50 (setelah thrill blues yang Bapak mainkan :D). Klo ga keberatan, skalian score-nya aja d (not baloknya full😛, setau saya klo pake software musik seperti Cakewalk dari file midi dia bisa otomatis generate score-nya). Trim’s. Maaf klo merepotkan.

    Koreksi untuk komentar di atas. Pada bagian “…, tolong di koreksi, …”. Seharusnya “…, tolong dikoreksi, …” karena koreksi bukan nama tempat, atau mungkin ada tempat yang namanya “koreksi” di daerah sana?😛 Hahahaha… Just kidding! No Offense!

    Salam sukses

  9. Berhubung saya internetannya pake hape, ntar deh pak kl koneksi lg bagus, saya upload via pc.
    Sementara, bs bapak generate pake cakewalk, sibelius, encore dan s/w penulis notasi. Tp mungkin akan ngaco krn ga dipandu metronome,pak.

    He..He..Ketahuan nilai bahasa saya jelek:-D nilai pelajaran lain malah lbh jelek:-D

    oya, jangan panggil saya dgn kata “PAK”, agak aneh rasanya. Wkwkwk

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
