SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Real

Posted by Antoni Pasaribu pada 6 Januari 2009


Mari kita bicara tentang sound keyboard.
Banyak pendapat yg saya dengar bahwa keyboard A Suaranya ‘REAL’ (dibaca : “Ril”). Saya sedikit bingung mendengar pendapat ini, terlebih ketika saya jg bertemu keyboard A Tersebut, menurut saya, masih jauh dari predikat ‘real’.

Baiklah, kita satukan persepsi, mudah2an semuanya setuju:-)

REAL yg artinya NYATA ini, idealnya di berikan kepada sound keyboard yg PALING MENDEKATI SOUND INSTRUMEN ASLINYA.
Misal, suara drum, yg PALING MIRIP dengan suara drum akustik asli, itulah yg berhak dapat predikat ini. Begitu jg dgn suara2 lain di keyboard tersebut.
Suara instrument asli yg saya maksudkan adalah suara instrument akustik yang di perdengarkan TANPA perangkat sound system. Misal pada suara drum, dengarlah terlebih dahulu secara langsung, suara drum asli (tanpa sound system), baru bandingkan dgn sound drum di keyboard Anda. Begitu seterusnya dgn sound gitar, saxophone, piano, dll.
Jika kita udah mendengarkan suara dari instrument asli, berarti kita udah memenuhi syarat untuk menilai real atau tidaknya sound keyboard tsb.

Nah, ada jg banyak sound keyboard yg diberi nama seperti nama instrument asli, tapi suaranya jauh bgd dgn suara intrument aslinya. Tapi anehnya, masih banyak player keyboard dan audiens yang berpendapat sound di keyboard LEBIH BAGUS di banding sound instrument aslinya. Ini udah bs dikatakan : SALAH KAPRAH.

Idealnya, keyboard justru sebisa mungkin memperdengarkan sound, layaknya sebuah full band (orchestra). Semakin mirip, maka semakin real dan semakin bagus. Idealnya begitu.
Tapi akibat kurangnya informasi dan kebiasaan mendengar sound istrument asli, terjadi fenomena yg menggelitik. ASLI dibilang PALSU, PALSU dibilang ASLI.
Sound drum keyboard yg ga mirip dgn drum asli, di bilang ASLI dan BAGUS, Nah suara drum ASLI di anggap kurang bagus. Kl udah gini, mana yg benar?? Silahkan berikan pendapat Anda.

Jadi, mudah2an, setelah membaca artikel ini, masing2 kita udah bisa menilai sound berbagai keyboard ke kategori REAL atau TIDAK.

Memainkan musik dgn sound yg real/mirip dgn sound instrument asli adalah EDUKASI POSITIF UNTUK MASYARAKAT DAN ANDA. minimalisir kesalahan memberi informasi sound yg baik dan real ke masyarakat, yg telah bertahun-tahun dan berakar di negara kita ini.

Yah, kalo masih ada yg ngotot bahwa sound keyboard lebih baik di banding sound instrument asli, ya terserah Anda:-) tapi harus di akui, ASLI ADALAH ASLI, DAN YANG ASLI ADALAH YANG PALING BAGUS.

Semua pilihan kembali pada Anda.

Salam
ANTONI PASARIBU

2 Tanggapan to “Real”

  1. RoNz said

    Setuju bro🙂

    Detil SAMPLE pada keyboard juga mendukung keaslian suara instrumen (KN: Tone Dynamics). Contoh sound Drums yang bisa dibilang ‘Real’ baik dari Sound maupun Performancenya saya dengar di “Rantak Kudo Modern”. Tampak pada detil sound senar drums pada saat dipukul lebih lunak atau lebih keras menghasilkan suara senar yang berbeda-beda. Seperti layaknya seorang drummer memukul senar drums.

    He..he..he…benar sekali,brp. faktor tone quality inilah yang bikin aku benar-benar jatuh cinta dengan Roland E-50:-) suaranya ga semurah harganya:-)

  2. RoNz said

    Hehe.. Jadi pengen nyoba Roland E-50. Ada juga milik Harry’s Music (Sandika Record), akan tetapi kalo saya ga salah, saya belum dengar hasil dari keyboard tsb di album barunya🙂 Atau bro mungkin pernah dengar?

    aku jg dengar gosipnya begitu:-) beliau punya e60. Aku sempat dengar di kios vcd, tapi aku jg ga dengar khas roland:-) cuma ada sekali slide bass. Layering beberapa sound. Overall, kebiasaan di KN msh dibawa ktika make Roland, so jd mubazir.
    Ntar deh bro, udah ada 1 album, masternya udah kelar, tinggal masukin ke pabrik. Ntar kl dah masuk, aku publish demonya disini. Fully pake roland kecuali tabla:-) tapi lagi2 genrenya dangdut yg bukan bidang aku, so harap maklum ya:-)
    bro, tu ada pertanyaan di halaman Technics. Tolong di jawab, kynya udah pernah ditanya jg di blog kn7k.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
