SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Pitch Bend

Posted by Antoni Pasaribu pada 14 Januari 2009


http://blog.solfegio.com/pitch-bend/

26 Tanggapan to “Pitch Bend”

  1. Deri said

    Selamat all time bg anton… :br:
    Hmm kayakny aku deh yg pertama ngasih comment.. Wah materi ini yg sering bikin aku ketawa dngr teman2 main nih bg.. Masa iya sih harmonika dan lyra di pitch bend juga..hehe. Good..very good artikelny bg. Eh iya ada yg lupa,ehem2 klo sound suling,wkt nge-pitch turun di ujung2ny berapa ukuran pitch bend yg d pake bg? Klo saya masih +2 aj,tp saya dngar d lagu2 minang kayakny lebih dari +2 krn saat nada E/mi,setelah suling selesai seperti turun ke C/do. Thnx b4 as y’r commt.

  2. to Deri
    He..He..Lama nih ga nongol,bro:-) banyak job yah?
    Sebenarnya tadi ga sengaja nulis ini, lg main2 keyboard, jadi kepikiran nulis tentang bender.
    Well, ralat, harmonica bisa di bending, tp ga lebih dari 1 nada. Coba dengar harmonica pada lagu2 Blues, ada nada2 yg legato.
    Pada harmonica (bukan yg harga 5ribuan yah…He..He..He..), ada 1 tombol untuk menggeser lobangnya, nah dgn tombol ini, bs di dapatkan nada legato.
    Kl lyra, gmn cara ngpitchnya?Wkwkwk, ada lg tuh yg main, harpa di bending…Wkwkwk….Mudah2an pengunjung blog ini, ga ada yg ky gitu. Klpun ada, udah saatnya untuk berubah:-)
    suling minang? Mungkin lbh tepat kl kita bilang Bansi dan Salung. Well, pernah mendengar instrument aslinya,bro? Perhatikan detil cara memainkannya.
    Aku pribadi sering ketawa ktika dengar ada yg main sound saluang di keyb, pake pitch bend terus main di oktaf tinggi:-) berarti bambu saluangnya kecil tuh, wkwkwk…! Tepatnya begini, saluang sendiri jarang sekali kena bending secara ekstrim (+2), cuma pada saat pemain saluang bermain, ktika berganti buka tutup lubang, pergantiannya emang halus, seakan-akan terjadi legato, padahal ga gitu, coba dengar dgn teliti. So,pada sound saluang, kita cukup bermain di soft Portamento/auto pitch, agar setiap mengganti tuts, ada legato halus penyambung nada2 tuts tsb.
    Untuk bansi? Silahkan iseng2, dengarkan bansi yg asli:-)

  3. Oya nambah, untuk sound suling dangdut, saya biasa set pitch di angka ganjil. +1 atau +3.
    Tujuannya emang mau mengejar nada2 yg fals:-) ibaratnya, pemain suling,nyelip waktu main legato:-) wkwkwk,tehnik yg aneh

  4. Deri said

    He he.. Iya bg skrg lg sibuk bangat,kan aku selain manggung jg buka servis elektronik bg,puji tuhan sllu bnyk dpt job makanya bru smlm s4 ngintip d KOSF sambil lwat n perjalanan langsung menuju ke serambi SOLFEGIO hmm. Bg anton sendri gmn kbr ny nich? Banyak job jg kan?

    Hehe lg… Jd tersipu nich bg.. Aku ingat harmonika aku wkt TK dlu d beliin ayah,g ada kpikiran klo ad yg mahal punya hehe..klo gt udh + lg nich wawasan aku..
    Iya benar bg,bansi dan saluang. Klo bansi kayaknya pemainnya bisa nge-picth up/down suara bansinya dengan cara menambah atau mengurangi tekanan nafas aj y bg..? Klo kayakny emang g ad legatonya tp aku sering main kan sound saluang itu di beri falseto bg,benar g bg klo falseto begini;saat kita di tonic C aku pencet nada ‘sol/G'(oktaf 4) lalu di falset ke ‘G#'(oktaf 5) itu sering aku terapkan.. Klo bg anton gmn??
    Thnx b4..!

  5. RoNz said

    Buat saluang, saya juga menerapkan hal seperti yang dibilang mas Dery. Tapi sekarang udah saya otomatisasi dengan mengedit sound buat saluang (di KN) agar otomatis naik 1 oktaf ketika tuts ditekan lebih keras, hingga ga perlu lagi menjangkau tuts yang oktafnya lebih tinggi.

    Buat bansi, saya biasa pake nilai +2 dan pake portamento (nilainya sekitar 30 kalo di KN).

    Btw, saya pernah liat salah seorang pemain di Padang namanya Bobby Chandra, bansinya pake bender +5, ketika mau naikin nadanya jadi +2, beliau dapat memainkannya tanpa fals. Ada juga yang dimainkan fals sekali-sekali. Pernah dengar album “Halimah” cipt. Ujang Virgo yang dinyanyikan oleh Boy Shandy ? Disana terdapat beberapa instrumen yang dimainkan sangat indah menurut saya, saya juga pernah menyaksikan beliau ketika memainkan instrumen tsb secara live, memang benar-benar menyentuh. Apalagi biolanya yang di set dengan bender +7. Konon beliau bermain hanya dengan mendengar saja, karena mata beliau hanya dapat melihat dari jarak yg sangat dekat saja. Saya benar-benar salut pada beliau. Sepertinya beliau benar-benar memahami karakter setiap instrumen yg dimainkannya.

  6. RoNz said

    Link potongan melody lagu Surek Undangan II -> http://kn7000.freehostia.com/downloads/surek-undangan-bobby.mp3

  7. RoNz said

    Lagu yang ini belum atau ga jadi keluar nih, soalnya dah lama banget. hehehe.. Album alternatif minang, hasil keroyokan saya ama teman-teman di Padang (Dedy Kencana, Puja, dan RoNz). Udah saya potong dan kompres.

    Instrumental bansi modern oleh Puja (Padang)

    Ini bansi saya yang ancur banget ikz, masih belajar main bansi di keyboard.

  8. benar dugaan aku, pasti bakal seru ni topik:-)

    to Deri :
    udah di jawab tuh ama bro Ronz:-) mengeset tone dinamik adalah cara terbaik untuk mengakali berbagai sound.

    to Ronz
    wah, pulsa lg cekak nih, ga bs download. Ntar malam aja ku downloadnya. Penasaran euy:-)
    thanx bgd sharingnya,bro.
    Jujur aja, aku sendiri bahkan ga pernah bisa nyontek2 teknik instrument tiup di keyb, wkwkwkwk! Jadi ga brani terlalu banyak bicara di topik ini.

    Intinya begini :
    -kenali betul2 instrument yg ingin kita contek. Usahakan pernah mendengar langsung alat yg asli.
    -lihat cara permainan di instrument aslinya. Perhatikan dgn seksama.
    -ga ada patokan untuk nilai set pitch bend, itu semua tergantung customisasi dr playernya aja.

    Btw, selain pitch bend, ada teknologi lain yg bs mempermudah (bahkan jauh lbh mudah) saat kita ingin tekuk menekuk nada yaitu D-Beam & Ribbon Control.
    Ada yg pernah pake? He..He..He.. Ayo sharing

  9. Oya, bro Ronz dan Deri, yg lain jg boleh ikutan.
    Kl berkenan nih. Biar mudah di mengerti oleh rekan2:

    mainkan teknik2 pitch bending bansi/suling (atau instrument apapun) dgn sound biasa (tanpa portamento atau tone dinamik), murni kita perhatiin teknik pitch bendingnya. Cukup 1 track aja. Bikin dalam file midi. Kl ga keberatan, tambah 1 track rhytim piano, biar tau ritme lagunya.
    Ga usah panjang2. 8-16 bar aja dah cukup,koq.

    Nanti akan aku analisa dan tulis artikelnya beserta penjelasan dlm not balok. Jadi bs di share tekniknya ke banyak orang.

  10. RoNz said

    Filenya kecil2 kok bro, hehe.. Yang bobby 75kb, puja 109kb, bansi yg ancur itu 90kb. Hehehe.. Lagian aku jg ga sanggup upload yg gede2 wkwkwk..

    Bener banget bro, nilai pitch bend sebenarnya tergantung kebiasaan. Hihi.. Aku malah juga ada ngeset pitch bend guitar dist +12, modulasi dijadiin pitch ben +2, xixixi.

    Minimal bisa jadi patokan buat ngeset pitch bend dari berbagai instrumen.

    Aku juga ga pernah bisa mainin teknik alat tiup di keyboard bro, xixixi. Setidaknya kita mengenal instrumen aslinya, yang pasti jika dimainkan di keyboard akan terdapat batasan yang harus diingat, seperti bahasan artikel diatas.

    Ide MIDI diatas boleh juga tuh bro, pasti asyik nih. Nanti aku coba bikin deh, tapi jangan diketawain ntar yah hehe.. maklum lagi belajar.

  11. Wah, jadi ga enak ni. Tamu pada bawa makanan. tapi tuan rumahnya ga nyediain🙂
    ini barusan aku bikin contoh bermain pitch bend. yang simple aja. pitch bend gitar🙂 aku bikin pake sound dan style preset Roland E-50.
    Jangan di ketawain yah …he…he…he…
    silahkan di sedot :
    klik disini untuk file yang udah di kompres, jadi sekitar 500kb

    Klik DISINI untuk MP3 yang belum di kompres, ukurannya 1 Mb isinya sama aja dengan yang 500kb, cuma beda di sound quality aja

    sebenarnya malu-maluin, maklum aja, bikinnya asal-asalan aja, main realtime🙂

    jangan ketiduran dengerinnya yah😀

  12. Bro, sample yang kamu share, aku cantumkan di artikel di atas🙂
    thanx berat yah.

  13. A.Sayagiri said

    Biasanya banyak sekali digunakan dalam lagu Jawa, langgam dan campur sari baik gaya Mantous atau Didi Kempot. . .Violin di tekuk extreem dan cepat, hasilnya unik sekali, sesekali Violin di tekuk pelaan . . . . dengan dobel senar . . .tew . . . tew . . .manteff . . .atau gitarnya ATHAU dari lolypop .. totetew . . tet- tet- teteew . . . . .

    ASG

  14. Betul,pak:-) sekalian fiddle di musik Country jg demikian.
    Gitar Athau, tuh yg ada di fill down 2 style pop sepuh,pak:-) tet..Tet..Tewww

  15. RoNz said

    Mungkin pengaruh sample rate/atau bitnya kali ya? Padahal di PC aku bisa tuh bro.

  16. RoNz said

    Waduh, bansi yg punya saya ga bagus tuh bro. Jangan dicantumkan di artikel ini dunk, nanti kalo ada yang baru saya share lagi yah. Thx.

  17. Ntar di update,bro. Lg pake hp nih! Ga bs ngupdate artikel:-)

  18. Deri said

    Hello bro Jumpa lg…!! Hehe,agak sush nyari wkt bwt ksini nich.

    To: bg Ronz

    Maksudnya mas ronz set auto di KN pake after touch atau touch sensitif?
    Oh y saya pernah mainin composer mas Ronz dlu wkt d pdg dgn KN6000. Styleny ok bngets. Tp yg utk kn7k blm s4 nyicipn.

    Saya jg prnh liat om Bobby.C itu main dlu,lngsung saya berdecak kagum. Blm dri permainan bliau aj udh salut kita,bayangin cm dngn perasaan aj bisa mecet tombol2 keyb n edit sound cks.. Ck ck.

  19. Deri said

    Bg anton saya udh buat sampel main bansi versi saya hehe tp blm bs saya upload krn gprs d surian bisa di akses cuma menjelang subuh aj. Klo udh lewat,akses data 5kb aj perlu nunggu 15mnit lbih. Tar saya upload k warnet aj dech..

    Oh y bg sound bansiny cuma manipulasi dari flute yamaha aj,maklum lg ehem ehem gitu lho..

  20. RoNz said

    @Bg Dery: Iya bg, maininnya pake Touch Sensitivity. Sound saluangnya diedit pake TONE DYNAMICS, bg. Misalnya pada velocity 99 adalah oktaf tinggi. Jadi, untuk mainin nada G – G# – G, maka G# ditekan agak keras agar mencapai velocity > 99 yang akan menghasilkan bunyi saluang oktaf tinggi.

    Hihi.. Bener tuh bg.. Kalo liat beliau mainin biola di keyboard, saya jadi merinding. Sound2 KN editan beliau pun bagus2, walaupun beliau kurang puas dengan sound yang ada di KN. Sekarang beliau bekerja di Studio Head Padang, selain itu beliau juga aktif bermain keyboard dg musik2 gambus.

  21. to DERI
    di tunggu sharingnya yah,bro:-)
    kl bisa upload sendiri, silahkan kasih linknya disini

  22. Henry R. Nababan said

    Horas lae..ku
    sebelumnya makasi byk bt style yg lae pernah kirim.
    sy sering mainkan style yg lae kasi..ok bgt.
    mauliate godang..godang2 mauliate..

    sy sering jg masuk ke blog ini. cuma rada malu tuk posting..(kura2 main perahu-malu2 byk nda tau)
    maklum sy msh pemula dlm musik.
    trims sy byk dpt pencerahan dr blog ini.

    sy mo minta pencerahan lg nih lae.. (minta terus nga pernah ngasi..:)
    voice yg mirip/sama dgn suara sarune, hasapi dan suling batak pake apa lae..
    sy pernah coba2 gabung bbrp voice sambil mainkan pitch bend & modulation nya tp hasilnya
    msh jauh dr suara aslinya.(kboard sy psr-s900)
    sy sgt penasaran krn pernah sy dengar di pesta btx, dari jauh sy kira ada pemain sulimnya, ternyata cuma keyboard doang, begitu jg kecapinya,kboardnya psr-3000.
    apa krn skill sy blm nyampe kali ya lae..? pdhl sy biasa main sulim n hasapi.

    sory lae nanya nya byk

    horas..rgds

  23. bobby said

    wiw, sample blues gitarnya keren. ajarin donk mas. itu sound keyboard ya,mas?

  24. to bang Nababan
    he..He..He..Makasih jg buat pulsanya,bang:-)

    PSR3000 ya,bang. Yah mungkin aja.
    PSR sendiri tidak punya fasilitas untuk sound edit secara extrim. Extrim maksudnya, sound editor benar2 bs mengubah struktur syntezisnya, dan banyak pengaturan yg bs dilakukan. Kl ab pernah nyoba keyb lain, yg punya fasilitas ini antara lain Technics KN dan Korg PA.
    Dengan bantuan sound edit tsb, kita bs mengubah sebuah sound sedemikian rupa untuk mencapai sedekat mungkin dgn sound yg kita inginkan.
    Di PSR hanya tersedia sound edit sederhana.
    Untuk SULIM, lebih berpengaruh di tehnik,bang. Untuk tempo cepat, lebih banyak bermain staccato. Nada lantang di putus2 dgn cepat,dan sesekali pencet nada yg sama di oktaf di bawahnya. Untuk tempo lambat, aktifkan portamentonya,bang. Kasih point 15-30. Setting portamento/mono, di cari aja ya,bang, aku lupa posisinya:-D maklum ga punya PSR:-) portamento itu berguna untuk membuat legato saat berpindah tuts, ibaratnya ketika kita main sulim, kita berpindah buka tutup lubang dgn perlahan. Dlm manipulasi cara main sulim, saya sendiri jarang pake pitch bend. Terlebih di lagu2 gondang tempo cepat, kecepatan jari bermain trill dan staccato itu yg perlu di utamakan:-D
    untuk sarune, pada beberapa nada, sesekali mainkan pitch bend ke atas dgn cepat, lalu lepas. Dan pada nada SOL, terkadang saya mainkan pitch bend naik perlahan.
    Berhubung ab jg bs main sulim, pasti lbh mudah menjiwai karakternya.
    Untuk sound, sulim cukup pake sound flute dan sejenisnya, bs kombinasikan dgn Shakuhaci atau recorder. Sedang sarune, saya biasa pake Shanai dan Bagpipe.

    Berhubung daerah kami ini jarang2 ada pesta batak, jadi kami jarang main musik tsb bang. Tp kl pas ada acara, biasanya aku main cuma berdua, aku pake keyboard, bapak main hasapi:-) semua sound selain hasapi, aku yg mainkan di keyb. Kl ab punya Roland e50, aku kasih style lengkap untuk gondang n musik di acara pesta pernikahan batak:-)

    semakin banyak pertanyaan disini, semakin besar keinginan untuk memiliki keyboard lain, supaya dapat menjawab dgn tepat dan skalian dgn contoh stylenya. Tp mo gmn lg, e50 aja msh nyicil:-)

    to Bobby
    he..He..Itu sound dan style preset E50,mas. Tehniknya msh amatiran. Maklum msh blajar.

  25. […] ini di buat untuk bahan sharing di artikel PITCH BEND, sound dan style adalah preset dari Roland […]

  26. samsoe said

    minta ijin sedot pitch bending ya bang tq moga banyak rejeki +fb bang anton saya add mo belajar banyak tpi ga pnya bahan jdi binun akhirnya cuma kluar masuk solfegio ga permisi maaf ya bos…tq…

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
