SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Rall (Piano)

Posted by Antoni Pasaribu pada 8 Februari 2009


Pernah dengar lagu yang awalnya di iringi oleh piano aja??? Temponya bebas. Pianonya di mainkan bebas aja, tapi umumnya di mainkan secara arpeggio dari oktaf bawah ke oktaf atas. Biasanya cara ini kita sebut Rall.

Nah ini ada Video 3gp contohnya yg saya rekam pake hape butut lagi.

Silahkan di klik dan di download :

PIANO RALL 1 (323.2Kb)

PIANO RALL 2 (320.5Kb)

PIANO RALL 3 (297.4Kb)

Silahkan di download dan harap maklum sama kualitas videonya. Hapenya dah expired…he..he..h.e..

Salam

ANTONI PASARIBU

8 Tanggapan to “Rall (Piano)”

  1. sub@gyo said

    …lha..yg model gini ini yg aku cari…
    eh, ngomong2..siapa yg bantu megangi itu hape..??
    terus terang bung, sy skrg ini mendalami permainan piano klasik&otodidak, hanya modal minat&referensi2 yg sy dapat,mau datangkan guru,disamping gak pny modal & udah terlalu tua kali yaa… ,lagian sy juga cmn menggunakan Keyboard BUTUT yamaha PSR E 303, yg udh usang…
    Untungnya saya org yang memiliki IMAJINASI yg kuat…jadi walau hanya PSR E303..tapi kalo sy lagi main dg Voice PIANO, serasa jemari sy menari diatas tuts2 GRAND PIANO yg asli yg didatangkan langsung dari jepang….
    Untuk permainan keyboard electone dg style2…sprti yg banyak diulas disini ,terus terang saya sama sekali tdk paham..nmn sy tetap ikuti, krn suatu saat kalo udh pny Keyboard yg bagus, sy pasti belajar itu…

  2. to pak Sub@gyo
    yg megang hape, adik saya,pak:-D
    70% pengetahuan yg saya punya adalah otodidak,pak:-) sisanya, hasil tanya2, belajar dr yg lebih tau, dan cari2 referensi sendiri. kl boleh di bilang, dulu saya sangat susah kl mau dapat ilmu dr yang lebih senior:-D ga tau apa alasannya. mau les, ga ada dana juga.
    ini jg salah satu motivasi saya ngblog,pak:-D setidaknya yg sedikit ini, kita bagi buat rame2…he..he..he..
    saya dulu justru di awal belajar, cuma pake keyboard Yamaha PSS-288, cuma 4 oktaf dan ga ada sensitve tutsnya:-D ironisnya lagi, keyboard itu adalah pinjaman dari sekolah bapak saya;-D
    tapi puji Tuhan, sekarang saya dah punya keyboard yg benar2 baru, dan bisa nyicil dari hasil keringat sendiri.
    saya doakan, bapak cepat2 punya keyboard yg lebih bagus dan Frand Piano asli yang di datangkan langsung dari Jepang.

    Salam Musik

  3. “Pernah dengar lagu yang awalnya di iringi oleh piano aja??? Temponya bebas. Pianonya di mainkan bebas aja, tapi umumnya di mainkan secara arpeggio dari oktaf bawah ke oktaf atas. Biasanya cara ini kita sebut Rall.”
    Saya mau nanya nih bang Tony, maksudnya Rall itu yang “di mainkan secara arpeggio dari oktaf bawah ke oktaf atas”? Atau istilah permainan piano dengan “Temponya bebas” yang disebut Rall? Sepengetahuan saya yg dangkal ini, klo permainan piano dengan “Temponya bebas” istilahnya “Rubato” (klo ga salah). “Rubato” ini artinya tempo yang bebas tadi, bisa berubah2. Mohon dikoreksi klo ada kesalahan… Huehehehe. Btw jgn panggil Pak donk Bang Tony, lucu dengernya… ckckckck

    salam hangat

  4. Boleh kasih masukan nih bang Tony, no offense…
    Fingering kirinya diperhatiin tuh… ckckck😛 Ntar dimarahin ama salah satu pengunjung di sini yang profesinya sebagai guru piano lho! wkwkwk…😀

    salam hangat,

    peace, no offense

  5. to pak Ongkinata

    He…He..He…Lebih dari 1 orang lho,pak:-D malah ada beberapa orang:-D
    sejak nulis artikel ‘latihan penjarian’, saya tunggu2 beliau2, para senior untuk menambahkan, mengkoreksi, atau mementahkan:-D tapi, senior2 malah memilih diam dulu:-D
    beberapa kali saya selipin beberapa pernyataan kurang tepat, tetap aja no comment. Ato malah ikut bertanya…He..He..He… Saya seperti sdg ikut ujian:-D Sampai akhirnya saya sendiri yg mengkoreksi tulisan2 tsb:-D
    bapak satu2nya yg selalu aktif mengkoreksi tulisan2 di blog amatiran ini. Thanx,pak.
    Btw, Seseorang yg baru belajar, telinganya ga mungkin bs membedakan chord 13 dan Altered tanpa bantuan alat musik:-D
    Dan seorang awam, ga mungkin hapal istilah2 yg agak detil seperti Broken Chord dan Rubeto ini:-D
    he..he..he….Bapak bs aja slalu merendah disini, anyway, thanx udah selalu ngunjungi blog ini. Saya tunggu update2 terbaru dr blog bapak.

    disini, saya ‘memplesetkan’ berbagai istilah musik ke bahasa yg lebih ringan, agar mudah di mengerti aja,pak.
    Krn tujuan ‘market’ blog ini, saya prioritaskan pada kalangan menengah bawah, terlebih yg mungkin udah menjadikan musik sbg ladang hidupnya, tp ga sempat belajar2 tentang teori dasar. Dan bagi bapak, ibu dan rekan2 yg keybnya cuma nangkring di rumah krn ga sempat belajar. Dan mereka maunya kan belajar yg instant aja:-D untuk itulah tujuan utama saya,pak.
    Teori2 yg pake istilah2 yg pakem, agak saya sampingkan dulu.
    Banyak keluhan kawan2 saya yang mengunjungi bbrp web/forum, mundur krn melihat pembahasan yg terlalu tinggi, dan mereka ga ngerti istilah2nya:-D inilah yg memotivasi saya untuk membuat konsep spt ini untuk blog ini.

    Btw, teman saya sedang merancang sebuah CMS, saat ini saya jd admin jg disana (http://keyboardiz.co.cc ). Masih dlm tahap penyempurnaan. Di situ dibuat bentuk member area, dan admin akan tau, user siapa aja yg mengklik sebuah item.
    Kl udah matang, janjinya, saya akan di kasih CMS seperti itu, dan mau saya jadikan untuk web pribadi saya nanti. Jadi, bakal ketahuan siapa aja yg baca artikel2nya:-D he..he..he.. Biar bs nagih komen ama senior2.

    Saya bukan ahli musik dan bukan pemusik yang handal.
    Saya hanya berbagi sebatas yg saya tau.
    Mohon koreksi dan pencerahan dari Bapak, ibu dan rekan2 yg lebih tau:-)

    Salam

  6. Blog saya udah saya update, silahkan dikunjungi… mudah2an mampu melepas dahaga bang Toni, saya udah mencoba meluangkan waktu untuk menulis dan membagikan ilmu saya di bidang musik. Mungkin agak berantakan dikarenakan penulisannya yang terburu-buru… Harap maklum dan ditunggu komentarnya… Hehehe

    Salam hangat,

    Andry
    http://andryongkinata.wordpress.com

  7. […] Ini dia jawabannya, mereka adalah si F, si Bes/A#, si C, dan terakhir si Es/D#. Tanpa disadari mereka memiliki keistimewaan. Berikut adalah keistimewaannya, pernahkan Anda bermain musik pada nada dasar do = F, do = Bes, do = Es, do = As, do = C#? Jika diperhatikan ke empat not tadi dapat digunakan di semua nada dasar yang baru saja saya sebutkan. Hal ini sangat menolong saya, dulu saat saya berimprovisasi, saya memanfaatkan keberadaan keempat nada ini. Selain itu, keempat nada ini juga cocok untuk dibuat arpeggio atau rall. Apa itu rall? Silahkan lihat penjelasan dan videonya di sini. […]

  8. Haris said

    Boro2 mau ngapalin istilah deh pak….. ngatur jari aja susah nih
    jari kudu klingking apa tengah..! tapi harus kali yaaaa fingering itu…???

    Pasti dah pada tau ya pemain piano bocah dari Korea pake 4 jari
    main nya jago….! apalagi pake 10….

    Salam sukses semua

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
