SOLFEGIO

blog ini sudah dipindahkan ke : www.blog.solfegio.com

  • Antoni Pasaribu

    Click Here
  • Donasi Melalui Rekening :

    0164635773
  • Tuliskan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru lewat email Anda

    Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya

  • Klik

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Facebook

  • Klik :

    www.solfegio.com
  • Negara Pengunjung :

    free counters
  • Solfegio Studio

Program Peningkatan Kualitas Musik Tradisional Indonesia

Posted by Antoni Pasaribu pada 2 Desember 2009


Program ini ditujukan sepenuhnya untuk mendukung pengembangan dan peningkatan Kualitas Musik Tradisional Indonesia sehingga mampu untuk membangkitkan semangat, ‘confidency’, ‘prideness’, konsistensi dan keberlanjutannya, serta dapat memberikan kontribusi kepada kekayaan Budaya Indonesia.
Ideanya berdasar kepada ‘research roadmaps’ yang secara akademik dan objektif mesti dilakukan untuk mencapai tujuan program ini.
Kontribusi dari seluruh ‘stake holder’ budaya Seni Musik Tradisional dan juga Seni Tari, apakah budayawan, seniman, akademisi dan juga masyarakat ‘pemilik’ dari masing2 seni musik & tari tradisional itu sendiri, sangat.. sangat diperlukan demi tercapainya objektif program ini.
Kontribusi dapat berbentuk apa saja, misalnya link, note, news, network, event, paper, tulisan2 kecil, pengalaman2, pict & video.. pokoknya anythings ya.. dan semua itu menjadi ‘milik kita bersama’.
Programnya antara lain:

1. Melakukan Identifikasi, definisi, karakterisasi dan mendokumentasikan seluruh jenis alat musik dari seni Musik Tradisional dari seluruh daerah Nusantara

2. Melakukan sosialisasi dan meningkatkan ‘linkage’ ke seluruh ‘stake holder’ dari seni musik Tradisional Indonesia ini.

3. Mengidentifikasi Sumber Daya Manusia yang memiliki pemahaman yang memadai di bidangnya masing-masing, yang dapat diajak bekerjasama di dalam upaya peningkatan kualitas musik tradisional ini.

4. Mengidentifikasi kebutuhan dan manfaat dari masing-masing daerah atas potensinya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas, keunikan dan kekhasan dari budaya seni musik tradisional daerahnya masing-masing.

5. ‘survey’ lapangan berkaitan dengan evaluasi/pengujian/penelitian dari seluruh komponen penunjang seni musik tradisional ini, misalnya apakah Gedung Kesenian di suatu daerah secara akustik ‘sudah dapat’ mendukung ‘the best performance’ atau belum.

6. Melakukan ‘Feasibility Study’ tentang kebutuhan akan “Gedung Konser -dedicated- untuk Musik & Tari Tradisional Indonesia”, misalnya masing2 untuk musik Gamelan Bali, Gamelan Jawa Solo dan/atau Jogya, Musik Gamelan Sunda-Degung, Musik Angklung, Wayang Kulit, Wayang Orang, Wayang Golek, Kolintang, Musik Batak dan sebagainya..

=> Any contribution… are Welcome & appreciated very much.

sumber :

Komang Merthayasa

http://www.facebook.com/group.php?gid=220488918641

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: