SOLFEGIO

Latihan Penjarian Piano/Keyboard

Posted by Antoni Pasaribu pada 29 Oktober 2008



Ini hanya penjarian dasar untuk bermain piano dan keyboard. Sebenarnya ada banyak bentuk latihan penjarian untuk bermain keyboard atau piano. Ini saya bagikan beberapa contoh latihan penjarian untuk Anda.

Mungkin seluruh pembaca artikel ini belum mengetahui baca tulis partitur not balok atau angka. Jadi saya sampaikan dengan not mutlak(huruf).

Keterangan :

TANGAN KIRI DAN TANGAN KANAN :

JARI JEMPOL = 1

JARI TELUNJUK = 2

JARI TENGAH = 3

JARI MANIS = 4

JARI KELINGKING = 5

|

|

Latihan 1

Nada Do – Re – Mi – Fa – Sol atau tuts C – D – E – F – G

Penjarian tangan kanan:

Do / C = 1

Re / D = 2

Mi / E = 3

Fa / F = 4

Sol / G = 5

Penjarian tangan kiri

Do / C = 5

Re / D = 4

Mi / E = 3

Fa / F = 2

Sol / G = 1

Petunjuk :

Ketika menekan tuts, hanya satu jari yang menekan tuts, sedang jari lain diangkat dan tidak menyentuh tuts.

Awali latihan dengan satu tangan (kanan atau kiri) secara bergantian terlebih dahulu.

Mainkan not tersebut naik turun/bolak balik, dari do ke sol dan sol ke do.

Lalu kombinasikan kedua tangan secara serentak memainkan not yang sama dengan jarak satu oktaf.

Lakukan mulai dari tempo lambat dan perlahan cobalah untuk mempercepat tempo.

|

|

Latihan 2

Nada Do – Re – Mi – Fa – Sol – La – Si – Do atau tuts C – D – E – F – G – A – B – C (1 Oktaf)

Penjarian tangan kanan:

Do / C = 1

Re / D = 2

Mi / E = 3

Fa / F = 1

Sol / G = 2

La / A = 3

Si / B = 4

Do / C = 5

Penjarian tangan kiri

Do / C = 5

Re / D = 4

Mi / E = 3

Fa / F = 2

Sol / G = 1

La / A = 3

Si / B = 2

Do / C = 1

Petunjuk :

Ketika menekan tuts, hanya satu jari yang menekan tuts, sedang jari lain diangkat dan tidak menyentuh tuts.

Awali latihan dengan satu tangan (kanan atau kiri) secara bergantian terlebih dahulu.

Mainkan not tersebut naik turun/bolak balik, dari do ke sol dan sol ke do.

Lalu kombinasikan kedua tangan secara serentak memainkan not yang sama dengan jarak satu oktaf.

Lakukan mulai dari tempo lambat dan perlahan cobalah untuk mempercepat tempo.

Jika sudah mulai menguasai, lakukan latihan ini dengan dua tangan secara serentak, dengan arah berlawanan. Tangan kiri dimulai dari Do rendah ke Do tinggi sedangkan tangan kanan dari Do tinggi ke Do rendah.

|

|

Latihan 3

12 tuts C – C#/Db – D – D#/Eb – E – F – F#/Gb – G – G#/Ab – A – A#/Bb – B – C (Semua tuts dalam 1 oktaf)

Penjarian tangan kanan:

Tangga nada dari C rendah ke C tinggi :

C = 1

C#/Db = 2

D = 1

D#/Eb = 2

E = 1

F = 2

F#/Gb = 3

G = 1

G#/Ab = 2

A = 1

A#/Bb = 2

B = 3

C = 4

Petunjuk :

Ketika menekan tuts, hanya satu jari yang menekan tuts, sedang jari lain diangkat dan tidak menyentuh tuts.

Awali latihan dengan satu tangan (kanan atau kiri) secara bergantian terlebih dahulu.

Mainkan not tersebut naik turun/bolak balik, dari do ke sol dan sol ke do.

Lakukan mulai dari tempo lambat dan perlahan cobalah untuk mempercepat tempo.

Cuma ini dulu sharing saya mengenai latihan penjarian dan semoga bermanfaat bagi Anda semua.


TERIMA KASIH

ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com

www.solfegio.wordpress.com

7 Tanggapan to “Latihan Penjarian Piano/Keyboard”

  1. Wisnu KOSF said

    Wah makasih…Mas Antoni
    Saya jadi pingin belajar lagi dari awal mainin keyboard, maklum dulu saya masih kecil
    waktu les sering gak merhatiin sang guru..hehehe..dan adik saya skrg jg lagi tertarik untuk belajar keyboard gara2 liat dvdnya Jordan Rudess, keyboardistnya Dream Theater..pasti bermanfaat sekali tutorial dari mas Antoni ini, karena kemarin saya belikan buku tentang belajar keyboard tp tidak ada tutorial untuk fingering.
    Trus, kebetulan saya jg punya adik perempuan yang sekarang tinggal tepatnya di Muara Bungo, Jambi kalo gak salah. Biar ntar kalo pulang tahun depan saya suruh borong vcd hasil rekaman mas Antoni..hehehe..
    Sekali lagi terima kasih, juga untuk upload stylenya e50 yang bagus banget, berguna banget buat saya yang masih harus banyak belajar.

    Wisnu KOSF
    Pekalongan,Jawa Tengah
    e60 user
    ___________________________
    Wah, mas Wisnu mampir kesini:-)
    Itu cuma tips fingering sederhana aja,mas. tapi mudah-mudahan jika selalu di latih akan sangat bermanfaat sekali dalam permainan kita.
    Adiknya di Muara Bungo ya,mas? wah lumayan dekat sih,mas. cuma 6 jam dari tempat saya…wkwkwkkwkk
    koleksi kaset kami, wkwkwkk. biasa aja koq mas. ntar mas malah ga ngerti bahasanya.
    distributor di Muara Bungo ada Utama Record, adiknya mas pasti tau lokasinya:-)
    Makasih udah mampir ke blog kami. di tunggu nih sharing style e-60nya mas…he…he..

    Salam
    Antoni Pasaribu

  2. suci siahaan said

    komen ach… ^_^ bikin gambarnya dunks…biar gampang b’imajinasinya…kadang males baca…klo liat gambar kan lebih menarik… betewe…ada partitur piano ga yach…hmmm…ta liat liat duyu yach…

    God bless,
    suci siahaan

  3. waduh… ito Suci kan udah paham piano…. ga perlu lagi nih yg basic ky gini 😀

  4. Horas… ketemu lagi kite… aku coba bertanya neh lae…
    dahulu kala… hiduplah seorang anak… eh, kaya dongeng aja neh…
    Begini lae… aku dah lama main keyboard, otodidak… cuma aku baru tau posisi jari mencet tuts kira2 2 taun belakangan ini… mau bljr susah bangett… apalagi waktu tahun 2007 aku kecelakaan, jari telunjuk kananku putus 1/2 ruas… kayanya agak susah untuk menerapkan yang seperti ini… krn positively sekarang aku ndak make jari ku itu untuk mencet tuts lagi… dan memang agak sulit ketika bermain lagu2 batak, pop, dll… kecuali Make BUKU LOGU HKBP (aku dah biasakan ndak pake jari itu)… gimana lae… ada saran untuk bisa menerapkan cara seperti di atas??? Mauliate… 🙂

  5. waduh….aku ga bisa nyaranin apa2, bang.
    tapi coba baca kisah inspiratif berikut :

    Pianis berjari Empat

    Semoga bisa memberi motivasi baru buat abang.

    Salam
    http://solfegio.indonesianforum.net

  6. janu said

    halo mas,mau tnya apa sih fungsi metronome dalam sebuh lagu?

  7. klik :

    METRONOME/TEMPO

    ————————
    Mari bergabung di SOLFEGIO FORUM
    http://www.solfegioforum.co.cc

Sorry, the comment form is closed at this time.